Meningkatkan Semangat Belajar

Cara Meningkatkan Semangat Belajar

Artikel : OPIK

Setiap orang yang belajar perlu mendapatkan motivasi untuk belajar. Pada dasarnya motivasi belajar merupakan hal yang bersifat individual karena setiap individu akan memiliki motivasi yang berbeda-beda dalam aktivitas belajarnya.. Semakin banyak faktor motivasi belajar, maka semakin tinggi keinginan untuk memulai aktivitas belajar dengan antusias. Namun, tergantung kemauan dan kesiapan dari setiap individu.

Hubungan antara motivasi belajar dengan aktivitas belajar dapat bersifat positif atau negatif. Hubungan antara keduanya mempunyai rentang dari lemah sampai kuat. Hubungan yang kuat menunjukkan bahwa motivasi belajar tersebut mempengaruhi kemauan individu dengan meningkatkan semangat belajar.

Motivasi belajar dibagi dua faktor:

A.  Motivasi internal

Motivasi ini berasal dari dalam diri individu atau kesadaran diri akan pentingnya  belajar untuk mengembangkan dirinya dan bekal untuk menjalani kehidupan. Motivasi internal sulit ditumbuhkan daripada motivasi eksternal. Namun motivasi internal ini akan menimbulkan suatu kepercayaan diri dalam diri tiap individu sehingga mereka akan bersikap positif bahwa mereka bisa melakukannya dengan kemauan dan kemampuan sendir

B. Motivasi eksternal

Motivasi ini berasal dari dorongan dari luar atau rangsangan yang mempengaruhi diri individu. Motivasi eksternal ini bisa dipicu oleh beberapa faktor yaitu:

    1. Ketakutan atau hukuman
    2. Penghargaan/pujian/reward
    3. Memahami pentingnya belajar itu sendiri

Cara untuk meningkatkan motivasi diri agar semangat belajar antara lain:

      1. Bergaul dengan orang yang rajin belajar

Bergaul dengan orang yang rajin belajar mempunyai dampak yang positif. Kita bisa menganalogikannya orang yang bergaul dengan pandai besi atau penjual minyak wangi. Jika kita bergaul dengan pandai besi maka kita akan kecipratan bau bakaran besi. Sebaliknya jika kita bergaul dengan penjual minyak wangi maka akan kecipratan harum minyak wangi.

      1. Bergaul dengan orang yang senang belajar

Bergaul dengan orang yang senang belajar, kita juga akan tertular untuk senang belajar. Ini dikarenakan stimulus-stimulus yang dibawa oleh orang yang senang belajar mempengaruhi psikologis orang yang tertular.

      1. Bergaul dengan orang yang berprestasi

Sama halnya bergaul dengan orang yang senang belajar dan orang yang rajin belajar, kita akan turut menyenangi dan bersemangat untuk belajar. Orang yang berprestasi akan menjadi sebuah pandangan atau tantangan bagi kita agar kita optimis bisa melebihi prestasi orang tersebut. Pasti akan muncul dalam pikiran kita “Dia bisa berprestasi, aku juga pasti bisa”

      1. Membuat sebuah reward atau hukuman

Dengan adanya reward atau hukuman akan memicu motivasi kita agar tidak gagal atau lalai dalam belajar. Ini mungkin sedikit memaksa dan bersifat sementara tetapi ini juga bisa membangkitkan motivasi kita untuk belajar.

      1. Menonton film motivasi atau membaca novel motivasi

Membaca novel atau menonton film yang membuat kita termotivasi akan merangsang kerja pikir otak kita. Misal, membaca novel Laskar Pelangi atau menonton film Idiot tau hal yang lain yang membuat kita lebih semangat dan mendorong kita untuk berfikir llebih maju serta lebih kosisten dalam memanfatkan waktu yang ada.

      1. Menanamkan kemauan atau niat yang tinggi untuk belajar

Jika di awal kita sudah mempunyai kemauan dan niatan yang tinggi maka kita akan menjalankan segala hal yang membuat kita senang belajar.

      1. Menempelkan kata kata motivasi di dinding kamar

Memang ini agak sepele sih tapi jika kata kata motivasi yang tertempel itu kita lihat terus dan menjadikan kata kata itu sebuah motivasi untuk tiap harinya.

Dari Berbagai macam Cara untuk meningkatkan motivasi belajar tiap orang berbeda beda. Dan penjelasan di atas merupakan sebagian kecil dari beberapa cara untuk meningkatkan gairah dalam belajar. Ingat!! Belajar itu bukanlah belajar tentang pelajaran atau belajar disekolahan namun yang ada dalam pendidikan formal tapi belajar bisa dimana saja, kapan saja dan banyak sekali aplikasinya. yang penting kita bisa menjalankan pembelajaran yang positif dan mendalami pemikiran-pemikiran yang kurang jelas dari sebenarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s